Perpustakaan Desa Cerdaskan Bangsa

Perpustakaan Desa Cerdaskan Bangsa

Ilustrasi Gambar: ditjenbun.deptan.go.id

Saya termasuk orang yang percaya dan meyakini bahwa birokrasi (khususnya terkait birokrasi pemerintah) bisa baik dan buruk sangat dipengaruhi oleh pimpinan dan pejabat terkait. Hal ini juga berlaku di bidang perpustakaan. Sangat sulit misalnya seorang pustakawan di sebuah sekolah memiliki antusias yang luar biasa bagus untuk memajukan perpustakaan sekolah tapi ketika pihak kepala sekolah tidak mendukung, maka berani dipastikan perpustakaan sekolah tersebut tidak akan diberikan dana yang maksimal untuk memajukan perpustakaan sekolah tersebut.

Selain di sekolah, nasib perpustakaan desa juga sama. Tidak akan mungkin berdiri sebuah perpustakaan desa jika kepala desanya sama sekali tidak memiliki ide atau membuat kebijakan untuk membangun sebuah perpustakaan desa. Padahal perpustakaan desa memiliki peran yang sangat strategis dan penting untuk menopang dan menunjang Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat di sebuah desa.

Mari kita mengandai-andai (karena untuk melihat fakta sangat sulit jadi yah mengandai-andai saja dulu ), seandainya  di setiap desa di negeri ini memiliki perpustakaan desa. Kemudian di setiap perpustakaan desa disediakan koleksi buku-buku yang terkait dengan profesi masyarakat setempat, tentunya itu akan sangat membantu. Misalnya saja jika di desa tersebut ada petani, nelayan, peternak, dan berbagai profesi yang lain kemudian masing-masing masyarakat mau belajar dengan media perpustakaan desa, maka sangat mungkin mereka akan menjadi lebih maju dalam mengelola pertanian, peternakan, perikanan dan lain-lain. Terlebih jika disediakan akses internet gratis di perpustakaan tersebut, semakin sempurnalah SDM dan wawasan dari masyarakat tersebut.

Jangan dianggap apa yang kita angan-angankan diatas hanyalah mimpi semata dan tidak mungkin terwujud, hal ini karena sudah ada seorang kepala desa di daerah Desa Jayagiri, Kec. Lembang Bandung Barat Jawa Barat ada seorang kepala desa bernama Cece Wahyudin telah membangun perpustakaan desa sejak Februari 2007 yang lalu. Semoga saja apa ang sudah dilakukan oleh beliau bisa diikuti oleh kepala desa yang lain diseluruh penjuru negeri ini. Berikut saya kutipkan tentang perpustakaan desa yang dibuat oleh Cece Wahyudin dari klik-galamedia.com .

LEMBANG,(GM)-***Perpustakaan Desa Jayagiri, Kec. Lembang, ikut membantu mencerdaskan anak bangsa dengan berbagai program yang berguna bagi masyarakat setempat. Melalui perpustakaan, banyak hal positif yang diperoleh warga.

Kepala Desa Jayagiri, Cece Wahyudin mengatakan, perpustakaan desa tersebut sudah ada sejak Februari 2007. Masyarakat Desa Jayagiri sangat antusias menyambut kehadiran perpustakaan tersebut.

“Perpustakaan desa ini tadinya bertujuan untuk masyarakat yang datang, dengan maksud mengurus surat-surat. Jadi sambil menunggu, mereka bisa sambil membaca buku-buku di sini,” paparnya kepada “GM”, Jumat (19/11).

Perpustakaan daerah tersebut, tambah Cece, diharapkan mampu memberikan manfaat positif bagi masyarakat. Dengan demikian, berdampak pula terhadap upaya untuk mencerdaskan bangsa.

Perpustakaan desa tersebut diisi berbagai jenis buku, seperti ilmu sosial, politik, sampai keagamaan. Selain itu, juga terdapat buku-buku yang mengajarkan tentang ilmu-ilmu bercocok tanam dan wirausaha lainnya.

Cece mengatakan, saat ini pihaknya sudah mengajukan ke provinsi untuk penambahan buku di Perpusatakaan Desa Jayagiri. “Permohonan kami sudah disetujui oleh pemerintah provinsi, dan akan didistribusikan sekitar 3.000 buku ke sini,” katanya.

Menurutnya, ke-3.000 buku tersebut akan didistribusikan pada Desember mendatang. Terkait hal itu, pihaknya telah menugaskan salah satu aparat desa untuk mengikuti pelatihan pengelolaan perpustakaan di salah satu hotel di Kec. Lembang.

“Setelah salah satu aparat desa itu diberikan pelatihan pengelolaan perpustakaan, kami juga akan membangun ruangan untuk membuat taman bacaan,” katanya sambil menambahkan, taman bacaan itu juga akan dikelola oleh Karang Taruna Desa Jayagiri.

Menurutnya, desa juga akan memberdayakan masyarakat setempat untuk pengelolaan perpustakaan tersebut. “Diharapkan dengan adanya taman bacaan, masyarakat bisa lebih antusias dan mendapatkan manfaat lebih dari buku-buku tersebut,” katanya.

 

One thought on “Perpustakaan Desa Cerdaskan Bangsa

  1. Selamat dan sukses, semoga selalu dimudahkan jalannya. dan yang pasti beranjangsana serta silaturahmi merupakan pembuka pintu rejeki.

    terima kasih banyak, support dan simpati buat blog ini, Jaya dan Maju … Sukses …

    dari albahaca production, 0815 7020 271
    http://pesankaosonline.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s