SAFARI GEMAR MEMBACA BERSAMA ANANG HERMASYAH

15. GEMAR MEMBACA[lumajangkab.go.id] Dalam masa reses DPR RI dimanfaatkan oleh Anang Hermansyah untuk melakukan Safari Gemar Membaca dengan menggandeng Perpustkaan Nasional dan Badan Perpustakaan Provinsi Jawa Timur. Pada kesempatan itu telah dipergunakan oleh Anang Hermansyah berkunjung ke Kabupaten Lumajang, karena daerah pemilihannya adalah Kabupaten Jember dan Kabupaten Lumajang, Anang anggota DPR RI pada Komisi XI yang membawahi pendidikan dan pariwisata, makanya dia sangat perhatian sekali terhadap minat baca bangsa Indonesia yang sangat lemah. Hal ini disampaikan oleh Anang Hermansyah pada saat hadir di Pendopo Kabupaten Lumajang, Rabu (13/5),yang diterima langsung oleh Bupati Lumjang Drs. H. As’at, M. Ag.

Dalam sambutannya Bupati Lumajang mengucapkan selamat datang di Kabupaten Lumajang, dimana sangat menyambut sekali kehadiran Anang Hermansyah, dengan Ibu Sri Sumekar perwakilan dari Perpustakaan Nasional, Bpk. Sudjono Kepala Badan Perpustakaan Provinsi Jawa Timur, yang ikut mendampingi Anang Hermansyah.

Belaiu menyatakan, bahwa Anang Hermansyah adalah seorang seniman yang mau memikirkan nasib bangsa Indonesia ini, saya bangga dengan usia yang masih muda tetapi tekad unuk memajukan bangsa Indonesia ini sangat baik sekali, ini semoga menjadi contoh bagi anak-anak muda kita. Mari kita contoh pada perpustakaan Tunas Bangsa Desa Pandanwangi Kecamatan Tempeh, yang baru-baru ini mendapat Juara I Tingkat Nasional, inilah sebagian kecil dari masyarakat desa yang masih aktif dalam membaca, sementara dalam kesempatan yang sama, hal senada diucapkan Bupati Asat Malik, dengan adanya 45 perpustakaan di Lumajang, ia meminta agar Lumajang bisa diajak maju dengan membaca. “Jika gemar membaca, terbukalah jendela dunia. Ayat suci yang pertama kali diturunkan pun, adalah seruan untuk membaca. Kalau ingin jadi orang hebat, maka gemarlah membaca,” .

Dan pada kesempatan itu pula Bupati Lumajang mendapat bantuan buku sebanyak 1000 eksemplar dari Perpustakaan Nasional. Kehadiran Anang Hermansyah tidak disia-siakan oleh panita, yaitu acara dikemas dengan dialog dengan undangan yang hadir di pendopo Kabupaten Lumajang, mulai dari siswa, mahasiswa, organisasi wanita, para Kepala Sekolah serta Dinas Instansi terkait dan para Camat se-Kab. Lumajang.

Anang menyampaikan wawasan tentang perpustakaan yang ada di Indonesia ini, walaupun dana untuk perpustakaan dibesarkan jumlahnya, tetapi minat baca masyarakat kurang, buat apa. Kita ini adalah bangsa yang besar, bangsa yang pintar, tetapi kenapa minat bacanya sangat rendah sekali, jadilah bangsa yang benar-benar mampu bersaing dengan bangsa lain, jangan hanya diam sebagai penonton saja. “Indonesia hari ini rakyatnya harus kreatif. Kreatifitas bisa didapat jika kita gemar membaca,” ucap Anang. Masih lanjut Anang, jika sumber kreatifitas dari membaca, ia menyayangkan kenapa minat membaca di Indonesia saat ini berkurang. “Menciptakan masyarakat kreatif dari membaca, perpustakaan harus Untuk meningkatkan minat baca masyarakat, Anang meminta bupati untuk menggalakkan program gemar membaca pada masyarakat. “Percuma banyak perpustakaan kalo minat baca rendah,” katanya.

Pada akhir acara Anang didaulat oleh undangan untuk menyanyikan lagu, namun Anang berdalih bahwa sejak menjadi anggota DPR RI, dia tidak pernah menyanyi lagi, dan dia fokus untuk memikirkan bangsa Indonesia, tidak mungkin bisa bangsa Indonesia yang jumlahnya 252 juta hanya ditangani 560 anggota DPR RI. Ini tidak main-main, mari kita bangun bangsa Indonesia ini dengan sungguh-sungguh, agar kita bisa bersaing di MEA 2015 ini. (humas-lmj)

http://lumajangkab.go.id/info_lihat.php?id=2617

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s