CATATAN WORKSHOP DI CAHAYA ALQURAN – MENDONGENG dapat membentuk KARAKTER ANAK

Mendongeng, tidak boleh diremehkan. Jika materinya tepat, bisa jadi itu menjadi sarana untuk membentuk  karakter anak. Demikian dikatakan Kak Hadian Maryadi, Direktur Rumah Dongeng Surabaya .

Maka, guru tidak boleh salah dalam menyampaikan pesan maka anak akan terwanai pikiran dan jiwanya. Begitu juga tentang kata-kata yang dipakai harus benar, karena hal itu menambah kosakata pada anak. “Kalau guru menyelipkan kata salah ,maka anak akan ketambahan kosakata baru yang salah,” jelasnya .

Konsultan KB/TK Cahaya Al Quran dan pendongeng di TV 9 ini pada Hardiknas 2015 menyampaikan pentingnya mendongeng terhadap para guru KB/TK/RA dan guru SD kelas I dan II se Kab. Lumajang di Aula TK Cahaya Al Quran, Jln Diponegoro No. 80 Lumajang. Hadir sebagai pembicara pertama adalah Pak Teguh Wahyu Utomo, dosen yang juga trainer Menebar Energi Positip (MEP).

Dalam kesempatan tersebut Pak Tomo menyampaikan pentingnya mendongeng bagi guru. Mendongeng, kata Pak Tom banyak manfaatnya bagi siswa atau anak TK. Antara lain menghibur, membantu proses relaksasi, membantu terapi masalah tertentu, membantu perkembangan mental. Mendongeng bisa menyentuh seluruh kepentingan panca indra, tegasnya.

Kegiatan worskshop mendongeng begitu menarik bagi 100 guru KB/TK/RA dan SD/MIM se Kab. Lumajang. Mereka berharap kegiatan serupa diadakan kembali karena sangat penting bagi guru. Dengan mendongeng anak semakin tertarik pada guru dan materi yang disampaikan.

Workshop diadakan atas kerjasama Pimpinan Daerah Aisyah, PDM dan Cahaya AL Quran. Hal ini dilaksanakan agar para guru menambah wawasan baru dalam mendongeng. Dengan demikian mereka memiliki kemampuan kompetitif, kata ketua PDA, Kab. Lumajang, Lilik Nurdiani ,S.Pd, M.P. (*/sakinah)

 

Sumber : Majalah Penyejuk Jiwa SAKINAH Bacaan Keluarga Muslim Indonesia Edisi 18 Juni 2015

Posting : Chindy Vionariska, A.Md

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s