Puncak B 29, Wisata di Atas Awan

Oleh Chindy Vionariska

Luar biasa! Sungguh mengagumkan! Panorama yang tak ada duanya di kota ini. Pesona Puncak B 29 di Argosari Lumajang membuka mata dan hati kita bahwa Lumajang memiliki kekayaan dan keindahan alam yang tak kalah menariknya dengan kota wisata lainnya. Wisata alam yang satu ini memang baru dikenal namanya, baik oleh wisatawan domistik maupun mancanegara. Namun sudah banyak yang berkunjung dan menikmati keindahannya. Sekelompok orang dari organisasi, kantor, maupun keluarga, terutama para remaja yang berjiwa petualang tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk saling mendahului menikmati keindahannya yang alami.

Puncak B29Gambar 1 (fotografer : Chindy)

Nama Puncak B 29 merupakan kependekan dari Puncak Bukit 2900 mdpl. Ada sepuluh keindahan yang menakjubkan di sini. Semuanya mengantarkan pandangan kita ke atas awan. ‘Subhanallah’, Maha Suci Allah yang telah menciptakannya untuk kita. Mari kita baca profil sembilan gambar dalam tulisan ini mengikuti alur waktu menikmatinya. Pemandangan pada gambar 1 diberi nama Sunrise Puncak B 29, terketak pada ketinggian 2900 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kita akan menikmati ‘sunrise’ dengan lautan awan yang sangat indah yang menjadikan kita berdiri di atas awan. Suasana ini sempurna bila dinikmati pada pukul 05.00 WIB.

 awan tumpah yang menawanGambar 2

view bromo dari puncak B29Gambar 3

Gambar 2 dan 3 ada kemiripan namun berbeda. Gambar 2 mengisahkan Panorama dan View Gunung Bromo yang sangat indah jika dinikmati dan dilihat dari Puncak B 29. Di tempat ini kita seperti melihat sebuah miniatur wisata Gunung Bromo. Itu yang kita rasakan. Pemandangan ini sebaiknya dinikmati pada pukul 06.30 WIB. Amati baik-baik dengan hati dan perasaan, kita akan tercekat, terkagum-kagum. Panorama ini diberi judul View Bromo dari Puncak B 29. Sementara pada gambar 3 tampak bendungan awan terlihat jelas dan mengalir serasa awan tumpah dengan air terjun awan. Sebuah view yang eksotik, indah dan sangat menawan, luar biasa. View yang bertajuk Awan Tumpah yang Menawan ini sebaiknya diamati dan dirasakan sentuhan sensualnya pada cuaca cerah pukul 06.50 WIB.

 camping ground puncak B29Gambar 4

Gambar 4 adalah Camping Ground Puncak B 29. Tempat lokasi berkemah ini salah satu daya tarik bagi para pendaki dan wisatawan yang ingin menikmati sejuknya udara di puncak B 29 serta sebagai tempat untuk berkumpulnya wisatawan. Waktu menikmatinya sebaiknya pukul 08.15. Selanjutnya pada pukul 09.20 saatnya menuju masjid tertinggi di Pulau Jawa. Eksotika religi berupa masjid yang terletak di lereng puncak B 29 ini memberi kesan tersendiri tentang adanya toleransi umat beragama, lihat gambar 5.

 masjid tertinggi di pulau JawaGambar 5

bukit dahyangan dan gumpalan awanGambar 6

Panorama Bukit Danyangan adalah nama pada gambar 6, yaitu sebuah tempat sebelum memasuki pintu gerbang Desa Wisata Argosari. Jika dilihat dari atas bukit lainnya tampak sangat indah memesona. Terlihatlah sebuah bukit yang sangat unik diperindah dengan gumpalan awan pagi. Semakin menarik apabila dilihat pada pukul 09.45 ketika cuaca masih sangat cerah. Tanda puncak B 29 diberi nama Tri Padma Mandala yang terlihat pada gambar 7. Nama Tri Padma ini memiliki arti bahwa di puncak ini ada tiga tokoh terkenal bernama Joko Noto, Joko Niti, dan Sapu Jagad. Siapa pun yang telah sampai di tempat ini bahkan sempat berfoto berarti telah menginjakkan kaki di puncak tertinggi.

 Tri Padma Mandala Tanda Puncak B29Gambar 7

kampung nirwana puncak B29Gambar 8

Memasuki Kampung Nirwana (gambar 8) kita berada di wilayah yang ada di Desa Wisata Argosari. Tempat ini memiliki eksotika yang wah, kita bisa melihat pemandangan alam yang dikelilingi oleh hamparan awan yang sangat indah. Sapaan penduduk Tengger yang sangat ramah dengan bahasa khasnya menjadikan kita betah di tempat ini. Suasana cerah bisa didapat sekitar pukul 10.00.

Bila cuaca sedang mendukung, maka kita bisa menikmati pemandangan awan menyelimuti bumi hingga merasakan keindahan bagai Selimut lembut yang selalu menghangatkan tubuh.

 sunset puncak B29Gambar 9

Saat yang tepat untuk menikmati sunset adalah pukul 17.25. Sunset Puncak B 29 terlihat pada gambar 9 Di sini kita bisa melihat pergantian hari dari siang menuju malam dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang indah, luar biasa menakjubkan. Sunset mengakhiri wisata kita di Puncak B 29. Lokasi wisata alam terindah yang memberi kesempatan wisatawan menikmati sunrise sekaligus sunset.

Sembilan keindahan di atas terletak di Desa Argosari Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur. Untuk menuju ke tempat ini adrenalin memang terus ditantang. Jalan berliku dan berkelok sepanjang Gunung Semeru. Namun terobati ketika sampai di Kampung Nirwana, kampung serpihan surga tempat yang selalu diburu para fotografer mengabadikan momen indah penuh kenangan. Rugilah bila kita tidak segera menikmatinya. Selamat datang ke Puncak B 29 kebanggaan Kabupaten Lumajang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s